fadilla kurniasari
Ini postingan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu SIM (Part 1). Udah baca belom? kalo belom klik disini

Nah, saya kemudian manjalani tes teori. Ada 30 soal berupa soal analisis dengan option benar-salah.
Dari seluruh soal harus bisa menjawab dengan benar minimal 21 soal agar bisa lulus.

Terus ternyata saya bisa menjawab dengan benar 25 soal yippiiiiiieeeee....... sungguh di luar perkiraan!
#terharu

Sudah bisa dipastikan saya lulus tes teori. Dan................... itu artinya selanjutnya adalah tes praktek.
*nelen ludah*

Ini adalah bagian paling JLEB dari keseluruhan rangkaian acara tes SIM.
Naluri saya mengatakan akan terjadi sesuatu yang buruk.

Petugas mulai membersihkan area untuk tempat tes praktek dan menata pembatas berupa kerucut kuning terbuat dari plastik yang disusun berjajar. Sumpah saya nganga ngeliatnya. Itu lintasan sempitnya kaya gitu, Valentino Rossi aja belom tentu bisa.
Ada ibu-ibu langsung terkena serangan jantung mendadak begitu melihat lintasan tempat tesnya kaya gitu.
Seorang bapak-bapak juga nyeletuk "Waaahh sableng kuwi!" dengan bibir dimonyongin (atau mungkin emang udah monyong dari sananya).

Peserta tes SIM C segera dikumpulkan untuk diberi pengarahan.
Sayangnya si mas instruktur ini lumayan nyebelin.
Saat memberi pengarahan, ia tidak menggunakan head mic yang padahal sudah ia kenakan.
Saya yang notabene berada di belakang ngga kedengeran itu mas ngoceh apa aja.

Setelah bercuap-cuap ria, (yang saya ngga ngerti apa aja yang diomongin) si mas instruktur memberi contoh bagaimana melakukan tes praktek tersebut.

Sebuah motor merk garputala yang "tidak bisa dibilang bagus" memasuki area tes.
Feeling saya tambah ngga enak, jangan-jangan ntar disuruh make ni motor pas tes.
Ini motor bukan matic!
Iya bukan matic!
Dan saya cuma bisa naik motor matic!
Oh maaaaannnnnn..............
Baygon mana baygooooooon????!!!!!!!

Si mas instruktur melesat dengan cepat melintasi lintasan zig-zag menuju lintasan turn U, melewati lintasan melingkar, angka delapan sempurna dan berhenti di finish dengan sukses tanpa kaki menyentuh tanah.

Itu mas nyontohinnya cepet banget. Semua peserta langsung ngedumel "Gimana itu tadi???".
Kami semua bingung karena belum sempat menghafalkan kemana saja kami harus melintas.
FYI, gambar anak panah penunjuk jalannya udah ngga keliatan karena catnya udah mulai pudar.

Saya jadi tambah galau.
Galau segalau galaunya orang galau.

Dan bener aja tuh...

Kami harus tes menggunakan motor yang telah disediakan.

Iya!!!! motor yang tadi!!!

*nyemil sabun*


Ada sebuah motor lagi memasuki area tes. Jadi ada 2 motor yang disediakan oleh panitia.
Heeeehhh tapi sama aja itu motor dua-duanya sama-sama motor buluk dan bukan motor matic pula -______-

Pertanyaan pertama yang muncul di otak saya adalah "Pa, pake gigi berapa?"
"Dua aja biar ngga nyendal" kata bapak saya.


Mas instruktur mulai memanggil satu-satu nama peserta tes.
Lutut saya mulai lemas, saya udah yakin banget ngga bakal bisa lulus.

Beberapa peserta yang sudah tes duluan mengeluh, motor yang warnanya merah itu ngga enak.
Lebih enak yang warna putih. Saya langsung catet baik-baik di memori otak saya. Yang putih...... oke, putih..putih...putih....


Fadilla Kurniasari.. !


Nama saya dipanggil, saya langsung bergegas menuju tempat start.

Oke, pilih motor yang putih! batin saya.

Sampai disana, mana motor putihnya????
Ngga adaaa....
Disitu cuma ada motor merah terparkir dengan angkuhnya.
Saya menengok ke lintasan tes, dan bener deh, motor putihnya lagi dipake sama peserta lain.
Saya belum beranjak dari tempat saya berdiri sengaja mengulur waktu sampai si peserta yang mengendarai motor putih sampai ke finish.
Tapiiiiiii si mas instruktur nyuruh saya cepet-cepet naikin motor merah itu.
#GLEK!

Saya memandangi motor merah itu dengan berjuta-juta keraguan.
Ini motor di mata saya udah ngga kayak motor. Persis kuburan.

Oke, seenggaknya kalo saya tabrakin ni motor, bapak saya ngga akan ngamuk karena ini bukan motor saya. Jadi kalo lecet-lecet mah ngga urusan.
#positifthinking

Saya memakai helm dan menghidupkan mesin motor dengan kaku.
Setelah itu mengatur gigi, dari netral-gigi1-gigi2. Okee...... bismilah....

Cussss............

Mulai dari start ke lintasan zig-zag.

Baru zig-zag pertama saya udah bingung.

Karena kebiasaan pake matic, saya lupa kalo rem belakang itu harusnya diinjek. Biasa pake rem tangan sih, malah ngga sengaja ngerem ban depan pake tangan kanan. Otomatis motor berhenti jeg!
Turun deh kaki saya menahan motor yang miring.
Gugur sudah.

Saya masih mencoba lintasan lingkaran tapi ngga sukses karena saya salah jalur. Berikutnya lintasan U saya malah lupa ngga lewat situ -________-
Apalagi lintasan angka 8, persetan sama itu saya langsung balik ke finish disambut tawa para peserta lain.
*gantung diri*

Mas instruktur mengatakan yang tidak lulus diberi kesempatan mengulang satu kali, kalo masih ngga lulus juga ya ngga bisa dapet sertifikat.

Oke, saya dan beberapa peserta yang ngga lulus tadi mengulang lagi kemudian.
FYI, yang ngga lulus itu 90% kaum hawa.

Saat kesempatan kedua, saya dikasih tahu bapak saya. "Dilla...kamu pake motor yang putih ajaa"
Yaelaaaaaaaaa daritadi juga maunya gituuuu -___________-


Fadilla Kurniasari.. !


Nama saya dipanggil, saya langsung bergegas ke tempat start dan (sialnya) lagi-lagi mendapati si motor merah yang bertengger indah disana.

Rasanya pengen tiduran di rel.

Yaudah saya pasrah aja apa yang akan terjadi.

Persis seperti tadi, baru zig-zag pertama saya udah sempoyongan.
Kali ini lebih parah malah.
Saya amnesia kemana saya harus lewat, alhasil saya menabrak pembatas.

Tragedi tersebut langsung disambut tawa riuh orang-orang.
"Piyeee to mbaaak?? hahaha.." celetuk seorang ibu.

Lebih nyeseknya lagi, saya ngeliat bapak saya mlipir pelan-pelan kayak pura-pura ngga kenal saya sambil pasang tampang inocent.

Somebody...kill me now!

Saya turun dari motor dan berjalan dengan gontai.

Seorang ibu mendatangi saya dan berkata "Ngga papa mbak memang banyak yang ngga bisa kok apalagi anak perempuan." ternyata itu adalah bu Mawar.

Iyeee banyak yang ngga bisa emang, tapi yang ngga bisanya parah cuma aku! yang nabrak pembatas sampe diketawain juga cuma aku! -___________-
Baygooon mana whoyyy baygoooonnnn???!!!!

Bapak saya nitipin saya sama bu Mawar karena beliau harus bekerja.
Kemudian saya duduk sambil bengong merutuk diri sendiri.
Ini memalukan banget cuy!
Rasanya tadi kayak dikuliti.

"Ngga papa mbak..." hibur bu Mawar.

Iyeee ibu ngga papa, tapi sayanya papa banget..

Beberapa menit kemudian ibu Mawar meninggalkan saya, entah mo kemana tuh orang.

Selang beberapa waktu kemudian beliau kembali, dengan ekspresi macem detektif di film-film.
"Ayo mbak...pulang" bisiknya pada saya.

Saya menurut saja sama beliau keluar menuju parkiran.

"Sertifikatnya sudah ibu minta mbak, sekarang kita ke SATLANTAS di kota lama" kata bu Mawar.

Hah?! yang bener nih?

Senyum pelan-pelan mulai merekah di bibir saya.
*peluk bu Mawar*

 "Disana ngapain bu?" tanya saya.

"Ya, sama kayak tadi.. tes juga." kata bu Mawar.

"Hah? tes lagi?" lutut saya lemas lagi.

"Iya, sama persis kok mbak, soal teorinya persis kayak tadi" ujar bu Mawar kalem.

"Teori persis, berarti praktek juga persis?" saya mulai tengok kanan kiri mencari sosok baygon.

"Ya sama mbak, sama semua." kata bu Mawar.

SUMPAH INI NGGA NYANTE BANGET.....


Sepanjang perjalanan menuju SATLANTAS rasanya sendu banget.
Bunyi deru motor lain malah kayak soundtract drama sedih bagi saya.
Muka saya ngga nyante banget, udah kaya anak diusir sama ibu tirinya dari rumah.

JENG JEEEENGGGGGG.....

"Selamat datang di SATLANTAS kota Semarang. Kami siap melayani anda"

Saya baca kalimat itu malah bunyinya jadi gini "Selamat tinggal Dilla, semoga diterima disisiNya"
Makin konslet aja ni otak.

Bu Mawar langsung mendaftarkan saya di loket.

"Mbak, ini udah siang saya takut loketnya keburu tutup jadi kita nyela aja" kata bu Mawar.
Saya sih manut aja.

Selanjutnya nunggu antrian tes teori.

Di tempat antre, saya duduk di sebelah bapak-bapak tua pake kacamata kayak punya Dumbledore.

"Sudah tes di stadion mbak?" tanya si bapak tua

"Sudah pak" jawab saya males

"Bikin SIM apa mbak?"

"SIM C pak"

"Susah ya mbak tesnya. Saya aja tes berkali-kali ngga lulus. Soalnya saya biasa pake vespa, ngga bisa pake motor kayak gitu" si bapak ini malah curhat.

"Saya juga biasa pake matic pak" ujar saya

"Wah iya itu mbak, biasanya yang pake matic itu jarang yang lulus........" kata si pak tua

Saya berharap, ni bapak jangan nanya saya lulus apa nggak.
jangan nanya...jangan nanya...jangan nanya...........plis
 

Fadilla Kurniasari...!


Nama saya dipanggil seorang polisi untuk segera mengikuti tes teori.

Saya segera berdiri, menuju ke ruang tes. Tapi, pak tua tadi juga ikut berdiri lalu berkata dengan sewot pada si polisi.
"Lho pak... mbaknya ini baru dateng kok sudah dipanggil???? saya antri daritadi nggak dipanggil-dipanggil!!"

Saya bingung antara malu dan kasian.
Malu karena ketauan kalo main belakang dan kasian sama itu bapak yang polos banget. Rada ngerasa bersalah.

"Sabar pak, semua pasti dipanggil kok" ujar bu Mawar menenangkan si pak tua.

Saya langsung masuk ke ruang tes.
Disana ternyata saya ketemu sama temen-temen peserta yang tadi lulus tes di stadion. Mereka adalah yang tadi ngetawain saya dengan tidak senonoh.
Pas saya masuk muka mereka langsung aneh gitu.
Saya ngerti, mereka pasti bingung, ni orang perasaan tadi kaga lulus ngapa udah nyampe sini aja?!

Disini sangat dibutuhkan muka tembok maksi.
Oya, kalo ada kardus atau tong sampah bisa juga tuh buat nutupin muka.

Tes teorinya ternyata ngga yang kaya saya bayangkan.

Katanya soalnya sama.
Hah??
Sama apaan?!!
Preeeettttttt..............

Dan bener aja deh.. saya ngga lulus.

Keluar dari ruang tes, saya langsung disambut bu Mawar.

"Ngga lulus bu.." kata saya sendu.

"Ngga papa mbak..." jawab bu Mawar kalem.
Saya harap makna kata ngga papa itu beneran.

"Kata polisinya ngulang tes lagi dalam jangka waktu 2 minggu" tutur saya.
Tapi bu Mawar tidak menggubris dan malah bilang "Mbak, tunggu saya di warung sebelah tadi tempat kita parkir ya"

Saya mengangguk dengan bingung dan menuruti saja apa kata beliau.

Di warung yang dimaksud bu Mawar saya duduk.
Memandangi beberapa orang tak dikenal yang bercakap-cakap.

Setelah sedikit berkonsentrasi saya mulai bisa menerka dan menyimpulkan bahwa semua inti dari percakapan orang-orang disini sama. Jadi tempat ini ternyata tempat transaksi penembakan SIM.
Seorang bapak keturunan Tionghoa marah-marah "Piye iki mas? anakku ngga lulus. pokoknya besok tinggal foto ah ngga mau tau!"
"Iyo pak...sante.. sampeyan tinggal foto aja besok anaknya" jawab si mas-mas
Lalu si bapak sipit itu mengulurkan selembar kertas uang seratus ribu dan selembar uang lima puluh ribu kepada mas itu.

Oalaaaahhh banyak juga toh yang kayak gitu...

Beberapa saat kemudian bu Mawar datang.

"Mbak, besok kesini lagi sekitar jam setengah sembilan ya." kata beliau.

"Tes lagi bu?" tanya saya.

"Oh, nggak mbak. Besok tinggal foto aja" jawab bu Mawar.

Bentar...bentar.....
Iya, tugas bu Mawar emang sebagai pelicin alias melancarkan segala hal mengenai pengurusan SIM.
Tau gitu... tadi pas di stadion.. tes teorinya ngga usah saya lulusin aja supaya ngga perlu tes praktek  Ya ampuuuunn -_______-

It's so kampret, right?


Keesokan harinya bener, saya emang tinggal foto aja.

Hebatnya foto SIM adalah..
Kau tidak akan pernah tahu kapan kau difoto -_____-

si pak polisi ngga pake acara "satu.. dua...ti...ga!" kayak acara foto biasanya.

"Mbak, foto ya" kata pak polisi itu dengan garingnya.

Setelah itu dia diem ngga ngomong apa-apa lagi.
 #hening


 Beberapa menit kemudian tau-tau dia nyeplos.
"Kok ngga keluar-keluar mbak?" dengan tampang tanpa dosa.

"Hah? udah pak?" tanya saya bingung.

"Daritadi juga udah mbak" jawabnya tanpa ekspresi.

Betapa semprulnya polisi ini...

Nah, cuma butuh waktu ngga sampai 10 menit jadi deh SIM baru sayaaa...... horeee....
*nebar kembang*
#salto

Sekian kisah pembuatan SIM saya..
hehe..maaf dibagi jadi dua part karena ceritanya panjang dan saya ngga bisa menyelesaikannya dalam satu hari.

Thank you for your attention to read my blog.
keep blogging, keep reading...

Salam cinta, salam ceria :)
0 Responses

Posting Komentar