fadilla kurniasari
Pembaca blog yang budiman, apakah anda termasuk dalam orang yang hobi berfoto ria?
Berfoto ria merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan apalagi bila dilakukan bersama orang-orang terdekat. Kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai metode mengabadikan momen penting saja namun sudah menjadi kegiatan lumrah yang menghibur dan untuk kesenangan pribadi.
Pada era saat ini dimana yang namanya jejaring sosial sudah menjadi trend dalam kehidupan sehari-hari, hobi berfoto ria bisa disalurkan melalui media jejaring sosial.

Nah, untuk postingan kali ini saya sebagai pengamat fotografi di dunia maya, meychan, mulan dan kawan-kawan akan mencoba untuk mengulas tentang aliran atau gaya-gaya foto yang lagi ngetrend di kalangan remaja saat ini.
Oleh karena itu mari duduk yang manis, simak baik-baik penuturan dari Dilla Suryo (titisan dari Roy Suryo)
#plak!
cekidot!

Di dunia maya (nggak pake ahmad) secara garis besar ada 3 jurusan (kayak angkot aja) pose atau gaya foto.
Yang pertama adalah "alay" yang kedua adalah "gaul" dan yang ketiga yaitu "standard/normal/tidak teridentifikasi".

Karena kalau gaya foto alay semua orang bumi udah pada tau cara mengidentifikasinya maka kali ini saya akan mengulas gaya foto (yang katanya) gaul.
Berikut pemaparan di antaranya:
*benerin dasi
*pake kacamata

1. Foto di foodcourt
Selama saya berkeliaran di jejaring sosial, saya tidak (atau mungkin belum) pernah yang namanya nemuin orang pasang profil picture atau upload foto yang berlatarkan warung nasi kucing.
Kalau foto dengan latar tempat di berbagai foodcourt mah ada banyaaaaaak bangeeeeet.
Ini kemudian saya simpulkan sebagai salah satu jenis foto "yang gaul".
Tapi kalau saya pikir-pikir kok jadi kayak iklan gitu yee? Harusnya yang punya tu foodcourt bayar ama yang ngambil foto, kan secara tidak langsung mereka udah dipromosikan di media publik. haha..

2. Foto gaul kebalikan dari foto alay 
Kalau foto alay itu biasanya nunjukin muka yang full ekspresi (yang kadang-kadang juga tidak wajar) dan zoom maksimum maka foto gaul itu lebih cool dan ngambilnya sebadan hampir keliatan semua. Penempatan kamera juga nggak kayak foto alay yang biasanya "lebih ke atas" serta full lighting. Foto gaul itu lebih normal dan pose yang paling banyak dilakukan paling-paling berdiri serta berkacak pinggang, berdiri nyilangin kaki, senyum simpul yang cool dan sebagainya, pokoknya lebih cool aja.
Rumus dari foto gaul = tidak norak

3. Foto di depan cermin
Ini kebanyakan pelakunya adalah cewek.
Mereka pegang handphone yang biasanya merk "hp sejuta umat" (baca: blackberry) lalu berdiri di depan cermin yang agak gedean dan memotret bayangan diri sendiri di cermin tersebut.
Seperti saya katakan di atas, foto gaul itu nunjukin gambar yang nggak cuman muka doang (kayak foto alay) tapi bodi juga keliatan. Makanya mereka butuh cermin yang agak gede/panjang.

4. Take a picture with DSLR
Kalau anda menemui orang yang berfoto dengan kamera canggih ala anak-anak fotografi (sebut saja DSLR) maka perlu digaris bawahi belum tentu itu kamera punya dia dan belum tentu juga dia anak fotografi.
Salah satu gaya andalan foto gaul adalah berpose seperti hendak memotret sesuatu dengan kamera layaknya seorang fotografer handal.
hahaha.. ada-ada aja ya.. Saya juga nggak ngerti dapet teori darimana tapi katanya pose seperti ini keren banget kuadrat.

5. I'm go abroad!
Kalau yang ini rada jarang sih, karena butuh duit berlebih untuk melakukannya haha..
Yang menjadi hal menyenangkan saat kita upload foto-foto kita adalah ketika kita bisa bikin orang yang ngeliat foto kita berdecak kagum dan kalau perlu sampe pada nganga tu mulut mereka. Pergi ke luar negeri? nggak semua orang bisa melakukannya, makanya ngambil beberapa foto lalu diupload is a must !!

6. Gaul = banyak teman
Foto yang gaul juga menganut teori sosial. Biasanya mereka foto rame-rame bersama teman-temannya. Mereka menunjukkan bahwa mereka suka nongkrong bareng teman-temannya dan mengukuhkan diri sebagai manusia yang tidak cupu dalam pergaulan.

7. Foto dengan "kendaraan keren"
Adakah pernah anda jumpai di jejaring sosial seseorang berfoto dengan menaiki becak?
Rasa-rasanya jaraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget.
Foto yang gaul itu saat kita foto dengan kendaraan yang keren, yang elite.
Misalnya foto di dalam mobil, foto naik motor harley davidson atau motor ninja, dan sebagainya. Biasanya oknum dari fenomena tersebut adalah kaum adam. Tapi tidak menutup kemungkinan juga pada kaum hawa.

Nah, pembaca blog yang budiman.. itu tadi beberapa pemaparan gaya foto yang katanya gaul.
Sebenernya nggak ada masalah anda mau foto kayak gimana toh muka-muka anda sendiri.haha...
Saya hanya mencoba memaparkan realita dunia perfotoan dengan teori yang seratus persen nggak mutu. hahaha..
Sebenernya anda mau foto dengan gaya, pose dan latar apapun kalau cantik mah cantik aja, iya nggak?
*kibas rambut
Dan lagi, yang namanya gaul atau nggak gaul itu relatif. So, it's okay gaya foto apapun yang anda anut kita tetap saling menghargai :)

Sekian postingan kali ini
Salam cinta, salam ceria :)
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar